07
Apr
08

install xp di harddisk sata

Aku baru tau, kalo install xp tak selamanya mudah, jebul ada susahnya juga. Ni aku temuin pas aku mo nginstall notebook salah satu pegawai, yang minta install ulang xp nya. Begitu aku masukin cd xp trus install, saat ngecek harddisk ternyata ada warningnya, yang bunyinya kurang lebih, tidak ditemukan harddisk/harddisk ga ada. Busyet Dah! Kok bisa begini? Padahal di BIOS kedetect ada harddisk. Setelah aku bertanya pada “Mbah Gugel” yang selalu setia menjawab pertanyaan-pertanyaanku, walopun banyak pasiennya, ternyata hardisknya tuh SATA/Serial ATA (apaan tuh? tanya sendiri ma mbah Gugel). Dan ada caranya nginstall xp di harddisk SATA, yaitu dengan menekan tombol F6 saat ditanya apakah mo nginstall RAID Driver ato nggak. Trus masukin disket yang berisikan driver SATA hare gene make disket? Asem tenan! Padahal notebook yang mo aku install ga ada floppy drive nya. Wah jan, nggolekke gawean tenan! Akhirnya aku tanya lagi ma “Mbah Gugel”. Dengan bijaksana “Mbah Gugel” yang notabene dulunya adalah juru kunci Gunung Ungaran (ngarang!) menjawab, ada caranya nginstall xp tanpa neken F6 dan masukin disket driver SATA, yaitu pake software namanya nLite. Haaah, thank God, akhirnya kesulitanku terjawab juga.

Kalo pake nLite kita bisa masukin drivernya langsung ke cd installernya. Gak cuman itu, nLite juga bisa masukin cd-key langsung ke cd installer, jadi saat nginstall kita ga usah masukin cd-key nya (wow, how usefull), n juga bisa nyetting jaringan, user account, display, dan lain sebagainya. Caranya gini, download dulu nLite, install, jalankan. Masukkan CD Intaller XP. Pilih lokasi installer XP. Pilih modifikasi/penambahan yang diinginkan, dalam hal ini kita memilih Drivers n Bootable ISO, kalo untuk modifikasi yang lain terserah sampeyan, silakan meng-explore sendiri (hehehe, padune males ngetik). Kalo untuk masukin cd-key, pilih yang Unattended. Klik Next, masukkan driver SATA, klo belum punya, cari dulu di internet, banyak kok. Setelah memasukkan modifikasi-midifikasi, Start Apply process, klik Next. Pilih mo di-burn langsung ke CD ato dijadiin image CD/ISO. Setelah CD installer xp yang baru dah jadi, install deh.

Selamat mencoba…


4 Responses to “install xp di harddisk sata”


  1. 1 maulz
    11 April 2008 at 9:17 am

    zal.. wes golek hardisk baru d gudangmu blom?
    mesakke zal aku g mampu bli hardisk kiπŸ˜‰
    80 giga saja cukup zal.yang sata jg gpp.sembarang
    Thanks b4.. *siul2*

  2. 2 firdhauzzz
    11 April 2008 at 11:05 am

    80 giga campur culek, campur tendang ya

  3. 16 April 2008 at 11:07 am

    nemu tutoriale ning chip yg baru yo zal..emang bagus ini nLite…kita bisa bikin XP dengan paket instalasi versi sendiri..yg ga perlu buang…tambah2in aja dengan driver2 andalannmu en Game dan Program2 Hiburan..jadi lebih personal. Untuk Vista, try vLite.

    just my 2 cent

  4. 4 firdhauzzz
    16 April 2008 at 1:50 pm

    aku nanya mbah Gugel kok pi, mungkin juga CHIP pasien langganan mbah Gugel…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Latest Tweets

April 2008
S M T W T F S
    Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Blog Stats

  • 47,320 hits

%d bloggers like this: