13
Apr
09

Pengaruh/Dampak Kartu Grafis

Dahulu orang mengatakan bahwa manusia tidak bisa terbang. Saat ini dengan adanya pesawat terbang orang bisa terbang kemanapun. Dahulu orang-orang beranggapan bahwa mereka tidak akan dapat melihat dinosaurus bergerak lagi, atau merasakan bagaimana rasanya menjadi pilot pesawat tempur. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi, hal yang mustahil tersebut dapat diwujudkan dengan bantuan suatu perangkat yang bernama kartu grafis.

Secara garis besar kartu grafis atau VGA card (Video Graphic Adapter) adalah suatu perangkat keras di dalam komputer yang berfungsi sebagai alat pengolah gambar yang kemudian dikeluarkan atau dihubungkan ke dalam suatu perangkat output seperti monitor, sehingga user dapat melihat gambar atau objek di layar monitor tersebut. Tanpa adanya kartu grafis, monitor tidak akan menampilkan keluaran apapun, jadi dapat dikatakan kartu grafis adalah perangkat keras yang terpenting di dalam komputer selain prosesor atau CPU (Central Processing Unit). Semakin canggih kartu grafis, maka tampilan gambar di monitor akan semakin bagus dan semakin mendekati kenyataan. Kebanyakan kartu grafis digunakan untuk bermain game atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan grafis, misalnya animasi, gambar tiga dimensi atau 3D, gambar bergerak atau video, dan lain-lain.

Kartu grafis mempunyai dua unit terpenting yaitu unit untuk memproses grafis atau biasa disebut dengan Graphical Processing Unit (GPU), serta unit untuk media penyimpanan yaitu di dalam memori. Meskipun di pasaran terdapat begitu banyak merk kartu grafis yang menawarkan berbagai kelebihannya, namun hanya ada dua GPU yang terkenal di dunia yaitu ATI dan Nvidia, disamping Intel juga mulai mencoba memproduksi GPU sendiri, namun dapat dikatakan masih kalah dibandingkan dengan ATI atau Nvidia. Kadang konsumen menyalahartikan ATI atau Nvidia sebagai merk kartu grafis, namun hal yang sebenarnya adalah graphic chip yang tertanam di dalam kartu grafis.

Pada awalnya kartu grafis hanya berfungsi sebagai media untuk menampilkan keluaran ke layar monitor. Kemudian masyarakat mulai mengenal apa yang disebut dengan game komputer dan semakin banyak masyarakat yang memainkannya. Mereka butuh tampilan yang sangat real atau mendekati nyata. Mereka ingin bermain dengan lancar, dalam arti tidak terganggu dengan tampilan yang berjalan tersendat-sendat. Untuk itulah para produsen GPU berlomba-lomba untuk menyajikan teknologi pengolah grafis yang paling mutakhir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Seolah-olah GPU diciptakan khusus hanya untuk melayani para pengguna game. Dengan adanya GPU, game menjadi semakin cepat dan semakin realistis, dan secara otomatis semakin banyak bermunculan game-game baru yang mengisi pasaran industri game.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan semakin besarnya kebutuhan manusia, kartu grafis juga mengalami perkembangan mulai dari ukuran, kapasitas, konsumsi energi, teknologi serta penerapannya. Tingginya kebutuhan akan grafis, GPU yang dulu hanya diterapkan pada komputer desktop atau laptop, kini dapat ditemukan pada perangkat elektronik lain, misalnya handphone, PDA, iPod dan perangkat mobile lain. Teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, begitu pula dengan GPU. Penerapannya mengalami perkembangan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang lain. Tidak lagi hanya untuk memproses grafis saja, namun juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan lain yang diinginkan. Misalnya GPU juga dapat memproses seperti layaknya sebuah prosesor, mengeluarkan hasil, bahkan sampai memprediksi suatu keadaan.

Pada bidang kedokteran, GPU digunakan pada peralatan CAT scan (CT), selain mampu menampilkan bentuk dada wanita secara tiga dimensi, GPU dapat mengecek lapisan per lapisan dada tersebut untuk mengecek apakah terdapat kanker. Bahkan sebelum si pasien keluar dari ruangan, GPU dapat mengeluarkan hasil pemeriksaan serta pengobatannya secara real time tanpa harus menunggu hasil dari dokter. Pada bidang militer, GPU digunakan pada kokpit pesawat tempur Raptor sebagai navigator yang dapat melihat suatu daerah secara tiga dimensi. Industri perfilman sebagian besar juga bergantung pada GPU. Hal ini dikarenakan film dengan visual efek yang mengagumkan, harus membutuhkan GPU yang paling mutakhir. Para pembuat film mampu meyakinkan para penonton dengan adegan-adegan yang tidak mungkin menjadi kenyataan. Dalam bidang energi, GPU dapat memetakan secara tiga dimensi daerah-daerah yang berpotensi menghasilkan minyak. Dan mungkin masih banyak lagi kegunaan GPU selain sebagai perangkat pengolah grafis.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kartu grafis dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Kartu grafis dapat dikembangkan lebih lanjut untuk mempermudah pekerjaan manusia. Selain itu juga dapat dikembangkan untuk suatu penelitian yang berguna bagi pendidikan, atau berguna untuk masa depan.


7 Responses to “Pengaruh/Dampak Kartu Grafis”


  1. 1 acne queen
    14 April 2009 at 8:31 am

    di gudangmu ada g zal?

  2. 14 April 2009 at 8:50 am

    @acne queen: ada banyak, tapi dah rusak :-“

  3. 19 April 2009 at 2:22 pm

    e-learning pengenalan kartu grafis

    ( -_-)’…

  4. 4 acne queen
    21 April 2009 at 9:19 am

    e-learning pengrusakan kartu grapis :-“

  5. 5 P.Rt
    4 May 2009 at 2:22 pm

    aku pesen e-learning masalah virus ya zal….
    tolong di buatin..πŸ™‚

  6. 26 November 2009 at 6:38 am

    Mas, tampilan situs kurang menarik tetapi menakutkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Latest Tweets

April 2009
S M T W T F S
« Feb   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Blog Stats

  • 47,320 hits

%d bloggers like this: