16
May
11

Here’s My Log

Begitu banyaknya kerjaan yang aku tangani kadang membuat kehidupan sosial jadi ‘agak’ terganggu. Ada user yang berpikiran kenapa kok request aplikasi or troubleshooting yang aku tangani menjadi lama or kadang malah aku lupa😀 cuma sekedar sharing aja (ato sebagai alasan), berikut adalah pekerjaan/aplikasi yang sedang aku tangani:

  • Aplikasi Pendataan Peralatan IT
Aplikasi ini adalah aplikasi php pertamaku dulu waktu baru-barunya belajar php, dan kalo mo jujur setelah aku liat-liat lagi skripnya ternyata masih banyak bug di sana-sini, tampilannya pun lucu hahaha.. gpp namanya juga belajar. Aplikasi ini dulu aku ajukan sebagai laporan kerja praktek waktu kuliah. Aku sekarang ga tau nasib aplikasi ini di tempat kerja praktekku dulu, tapi sekarang di tempat kerjaku aplikasi ini aku update agar bisa memenuhi kebutuhan bidang IT dan bidang Umum untuk memonitor komputer dan laptop sewa serta peralatan IT lain. Karena ada kasus laptop sewa dibawa pulang ga kembali sehingga keluar biaya ganti rugi, trus ada juga komputer ga ada tapi ga tau siapa yang bertanggung jawab, dll. Diharapkan dengan aplikasi ini, peralatan IT sewa maupun dinas dapat dimonitor.
  • Dashboard Operasi Sistem
Tugas pertamaku saat aku masih OJT, sekaligus aku jadikan sebagai laporan Telaah Staff untuk syarat pengangkatan pegawai. Aplikasi ini adalah aplikasi visualisasi data yang memuat informasi dalam bentuk grafik dan tabel sehingga memudahkan pengguna dalam memonitor sistem kelistrikan Sumatera. Salah satu kelebihannya aplikasi ini tidak ada form inputan seperti aplikasi-aplikasiku yang lain, inputannya hanya berupa upload file Excel. Hal ini dikarenakan di bidang Operasi Sistem, mereka sudah mempunyai format laporan baku dalam bentuk Excel, so aku memanfaatkan aja file laporan tersebut. Jadi cara kerjanya adalah file excel tersebut diupload ke aplikasi ini, lalu data yang ada di file tersebut disimpan ke dalam database, dan dari database itu jadilah grafik-grafik dan laporan di web. Pelaporan menjadi paperless/lesspaper dengan adanya aplikasi ini. Bidang lain/pusat tidak perlu telpon atau menanyakan laporan yang diinginkan ke bidang Operasi Sistem, tinggal liat ke Dashboard Operasi Sistem semuanya dah ada. Dan karena aplikasi ini pula aku mulai ‘dikenal’ di tempat kerjaku. Sampai-sampai ada pegawai yang karena lupa namaku, manggil aku dengan panggilan “Mas Dashboard” – asem.
  • Evaluasi Operasi (EVOP)
EVOP adalah aplikasi penerus dari Dashboard Operasi Sistem. Sebenernya sih karena mereka tau aku bisa bikin program trus pengen dibikinin aplikasi lagi, karo orang Padang bilang – “Tambo Ciek!”. But its okay, cuz aplikasi ini masih memanfaatkan database yang ada di Dashboard Operasi Sistem, jadi ga terlalu berat. Cuman masalahnya aplikasi ini ternyata diikutkan sebagai Lomba Karya Inovasi oleh salah satu pegawai di kantorku, itu pun tanpa bilang-bilang dulu ke aku. Padahal aku ga tau apa-apa. Baru aja jadi pegawe udah diikutkan macem-macem. Tapi gpp lah, itu tandanya mereka menghargai karyaku. Ayo mas, klo menang uangnya buat modalku kawin, hahaha..
  • Aplikasi Monitoring Pekerjaan (Kontrak) untuk Bidang Transmisi
Aplikasi ini aku kerjain saat aku masih jadi outsourcing dulu dan ternyata aplikasi ini dibutuhkan juga di tempat kerjaku sekarang. Aplikasi ini untuk memonitor pekerjaan harian dan mingguan rekanan ato pihak II. Kelebihan aplikasi ini bisa otomatis tergenerate laporan-laporan per hari ato per minggu, dan laporan-laporan lainnya. Still in progress, masih belum aku kerjakan masalahnya surat resmi juga belum dateng, jadi aku masih nyicil database nya.
  • Aplikasi Harga Satuan
Aplikasi ini sebenernya awalnya buatan temen kerjaku, namun aku bantu dari segi pemrogramannya. Temenku yang bikin tampilannya aku yang bikin programnya. Aku sendiri juga ga begitu tau aplikasi ini fungsinya buat apa, tapi setahuku aplikasi ini memuat harga-harga alat yang hanya bisa diakses oleh para manajer dan orang-orang tertentu. Jadi bisa dibilang aplikasi ini rahasia (jadi jangan bilang siapa-siapa ya?)
  • Lomba Karya Inovasi Frekuensi Meter
Kebetulan aku diajak salah seorang pegawai ikutan Lomba Karya Inovasi karena dia tau aku bisa bikin aplikasi berbasis web. Ini aplikasi yang sekarang sedang aku bikin. Awalnya sih aku ragu-ragu tapi itung-itung buat pengalaman aku iyakan saja. Aplikasi ini mampu menampilkan ———————-. Ada —————-nya, ada ——————-nya, dll. Maap disensor, aku ga bisa ceritain detilnya (takut klo nanti ada yang niru :D), nanti aja ya klo menang/kalah aku ceritain lengkapnya. Hehehe..
  • Dashboard OPIB
Aplikasi ini sebenernya juga lanjutan dari Dashboard Operasi Sistem, hanya bedanya Dashboard ini untuk Indonesia Bagian Barat dan yang minta adalah orang pusat. Tapi sayangnya aplikasi ini berhenti di tengah jalan dan aku ga tau apa  sebabnya (klo saya ada kesalahan mohon dimaapin ya pak :D) Namun setelah lama ga aku urusin, tiba-tiba ada pegawai yang nanyain masalah program ini. Dia minta aplikasi ini diteruskan, tapi masalahnya dia mintanya akhir bulan ini, Busyet! What should I du?
  • Maintenance aplikasi LDC dan FOIS
Aplikasi LDC dan FOIS sebenernya aplikasinya Jawa Bali. Dulu aplikasi ini ditanam di server mereka, namun karena sekarang aplikasi ini ada di server kami, aku berusaha mengupdate untuk mempermudah pekerjaan dan memenuhi kebutuhan user. Aplikasi LDC untuk menampilkan grafik Neraca Daya, sedangkan aplikasi FOIS adalah sistem informasi gangguan.
  • Aplikasi Monitoring Kontrak untuk bidang Umum dan Keuangan
Aplikasi ini adalah permintaan dari adik angkatan untuk dijadikan sebagai laporan Telaah Staff. Aku mikirnya gini, bukan karena aku baik hati dan tidak sombong, tapi karena aku melihat aplikasi ini mempunyai potensi. Idenya juga bagus dan mendapat dukungan dari pegawai lain. Sehingga aku buatin aja, dan ternyata aplikasi ini juga mensupport Aplikasi Pendataan Peralatan IT ku. Aplikasi ini mampu memonitor pembayaran dan dokumen kontrak. Aplikasi ini digunakan oleh bidang Umum dan Keuangan. Status aplikasi ini: Finished! Aku kerjain kurang dari 1 bulan dan termasuk aplikasi yang paling cepet aku bikin karena security-nya ga banyak dan masih banyak bug-nya, wakakak..
  • Sistem Arsip Elektronik (SAE)
Ini juga permintaan adik angkatan juga, punya potensi juga, jadi aku bikinin juga😀 Aplikasi ini hanya sebagai media pencarian arsip yang sudah di-scan untuk mempermudah pencarian dan mengantisipasi makin banyaknya surat yang masuk dan keluar. Termasuk aplikasi yang aku bikin cepet juga, aku bikin setelah aku bikin Aplikasi Monitoring Kontrak. Yang aku suka dari aplikasi ini adalah namanya S.A.E klo dalam bahasa jawa artinya bagus. Jadi mulai sekarang tiap kali aku mo bikin aplikasi namanya harus unik/minimal punya arti dan gampang diingat.
  • Aplikasi Pengendalian Permintaan ATK
Permintaan aplikasi ini juga baru datang dan klo bisa harus jadi semester ini. Masalahnya semester ini tinggal beberapa hari lagi, wakakak. Tapi gpp, tetep semangat ngerjainya. Aplikasi ini ngerjainnya patungan juga sama temenku. Aplikasi ini memonitor permintaan ATK yang semakin ga terkontrol, sehingga bikin orang umum jadi pusing, hehehe. Untuk itulah dibikin aplikasi ini.
Di sini aku nampilin portofolioku ini bukan karena sombong ato yang lain, ini hanya sekedar sharing aja n siapa tau ada yang berminat trus hubungi aku (hehehe, promosi ni ye..). And always remember, di atas langit masih ada langit. Aku tidak menganggap diriku sebagai web master, aku lebih suka mengaggap diriku sebagai orang yang sedang belajar, karena jika aplikasiku ini dibandingin dengan aplikasi dari software house, punyaku bukanlah apa-apa n masih banyak kekurangannya.

Itulah daftar pekerjaan yang sedang aku kerjakan dan yang sudah selese aku kerjakan juga. Tapi sebenernya masih banyak juga kerjaan di luar itu, seperti troubleshooting, maintenance database dan aplikasi-aplikasi lain, dll.

Semoga sharing ini bisa menjadikan teman-teman maklum, kenapa aku bisa menjadi seperti sekarang ini, hehehe..

8 Responses to “Here’s My Log”


  1. 17 May 2011 at 8:11 am

    wah, berarti Mas Dashboard iso gawe aplikasi web berbasis Java juga ya?😀

  2. 21 May 2011 at 7:15 pm

    mas dasbord pesen aplikasi pencari kucing ilang donk :-”

    sedelok meneh wes mastery zal. remember pak BR said.. it needs 10 years mastering on something. Keep on fire!!

    • 21 May 2011 at 7:23 pm

      daripada bikin aplikasi pencari kucing, mending bikin game Angry Cat aja.. kucingnya mencolot nyakarin kamu.. bagus ga? :-”

      belum master ul, masih beginer.. it takes 100 years for me..😀

  3. 5 anto
    14 June 2011 at 3:07 pm

    yang bikin smuk mas dashboard juga?

  4. 9 December 2011 at 3:38 pm

    wis pokoke mantab deh mas bro.. eh mas dashboard, hehe..

  5. 8 :: seno ::
    13 August 2012 at 5:22 pm

    mas nDASHBOARD hebat…. eh dashboard..
    zal aku jg mau bikin nih… ntar share yah… :p


Leave a Reply

Latest Tweets

May 2011
S M T W T F S
« Jul   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Blog Stats

  • 47,320 hits

