25
Jul
12

Pathetic Copycat

Akhir-akhir ini banyak sekali muncul peniru. Mulai dari meniru boy band atau girl band Korea, sampe meniru tokoh yang ada di film. Tapi menurutku, semua usahanya menyedihkan, bahkan dapat dibilang tidak mirip sama sekali. Sebagai contoh, girl band yang bermunculan sekarang menurutku tidak ada mutunya sama sekali, baik itu dari segi suara ataupun koreografinya dibandingkan dengan girl band Korea yang sudah bertahun-tahun dipersiapkan untuk menjadi sebuah girl band. Mereka (si peniru) hanya mementingkan uang dan popularitas daripada seni atau kreativitas.

Mungkin kita juga tidak bisa menyalahkan sepenuhnya pada si girl band peniru tersebut, karena yang membuat mereka terkenal dan populer adalah anak muda kita (kecuali saya). Anak muda jaman sekarang kualitasnya dari tahun ke tahun semakin menurun. Ini mungkin dikarenakan perkembangan jaman yang semakin semrawut serta asupan gizi kreatifitas mereka hampir tidak ada. Mereka lebih sering dicekoki sinetron dan lagu-lagu pacaran. Jejaring sosial yang tanpa filter pun menyebabkan munculnya penyakit baru yang bernama narsis. Anak muda sekarang lebih suka yang instant tanpa mempedulikan proses. Jaman saya masih kanak-kanak dulu, banyak lagu anak-anak yang diputar di televisi ataupun di radio sebagai hiburan dan pendidikan untuk anak-anak di rumah. Kita lihat sekarang, tidak ada lagu untuk anak-anak yang diciptakan dan yang ada hanyalah lagu untuk anak alay (sigh). Anak-anak menjadi dewasa belum pada waktunya, dan mengimbas pada hal-hal yang negatif lainnya. Sebagai orang tua, mereka seharusnya bertanggung jawab atas perkembangan anak-anaknya. Seharusnya mereka jangan menuruti semua keinginan anaknya. Mereka harus pandai mengarahkan bakat si anak. Jangan sampai anak mereka ikut arus yang tidak jelas arahnya. But, its easy to say better than doing it (maklum belum jadi orang tua)😀

Mungkin orang yang hanya meniru tidak mengira hasil dari perbuatannya mempunyai dampak negatif. Jangankan dampak atau akibat, memikirkan kerugian yang dialami oleh yang ditiru pun tidak. Sebagai contoh, orang yang meniru karya yang sudah menjadi hak cipta atau yang sering disebut dengan plagiator. Meniru bulat-bulat dan dijual ke pasaran. Jangan dikira boy band atau girl band instant ga punya dampak negatif juga. Bila diteliti lebih lanjut, dampaknya lebih berbahaya dibandingkan dengan film bajakan. Mulai dari mengikis sisi seni, kreatifitas, kualitas, dan lebih bahaya lagi sampai melupakan sejarah. Loh, apa hubungannya sejarah dengan kreatifitas dan seni? Oh, jelas ada, bahkan sangat erat hubungannya.

Tanpa sejarah, kita tidak mempunyai motivasi untuk membangun bangsa. Sejarah bagi beberapa negara sangat dijunjung tinggi. Mereka bahkan tidak ragu-ragu rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli sejarah negara lain dengan tujuan untuk menghancurkannya dari dalam. Sampai ada pernyataan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Mungkin itu ada benarnya juga. Saat masih di bangku sekolah, sejarah adalah salah satu pelajaran yang aku hindari, karena menurutku pelajaran sejarah adalah pelajaran menghafal. Dan aku sangat benci yang namanya menghafal (kok malah jadi curcol gini). Namun setelah mengetahui sejarah bangsa-bangsa besar, saya jadi paham akan pentingnya sejarah. Menjadi salah satu  motivasi untuk membangun bangsa, adalah salah satu hikmah yang aku ambil dari mengetahui sejarah. Salah satu fakta menarik dari bangsa Indonesia adalah satu-satunya negara yang pernah keluar dari PBB saat dipimpin oleh Bung Karno. Gila! Mungkin lebih tepatnya Hebat! Bagaimana kita tidak termotivasi hanya dengan melihat fakta tersebut? Kreatifitas dan kegilaan hampir sama bahkan perbedaannya sangat tipis. Kreatifitas membutuhkan pemikiran yang out of the box, berani, dan lain dari yang lain. Kegilaan mampu menciptakan keindahan dan keseimbangan.

Menjadi manusia kreatif tidaklah mudah, butuh proses dan kerja keras, tapi masih bisa diusahakan. Ada yang berpendapat kreatif itu adalah bakat dari lahir, itu tidak salah. Namun kreatifitas dapat juga dipelajari. Banyak sekali ilmu-ilmu yang mengajarkan tentang kreatifitas. Ada yang mempelajari kreatifitas dengan masuk ke dalam komunitas-komunitas kreatif seperti craft, musik, film, koreografi, comic, dan lain-lain. Ada pula dengan cara masuk ke jurusan seni atau DKV, dengan begitu dapat mempelajari seni dan kreativitas secara formal. Dan salah satu proses yang sering diterapkan yaitu Amati, Tiru, Pelajari, dan Modifikasi (ini yang sering saya lakukan). Kita memang tidak boleh (haram bagi saya) meniru hasil karya orang lain secara sempurna. Karena bagi saya itu sama halnya dengan mencuri dan aib yang tidak bisa dimaafkan (lebay). Meskipun begitu kita masih bisa meniru pemikiran atau pemahaman orang-orang kreatif. Karena suatu karya adalah pengaruh dari pemikiran orang-orang kreatif. Saya pribadi belum menjadi manusia yang kreatif, namun berusaha untuk tidak menjadi peniru.

Satu lagi peniru yang akhir-akhir ini sering dibicarakan, tidak lain adalah peniru Joker. HA HA HA HA.. Usaha yang benar-benar menyedihkan. Walaupun dia berusaha meniru Joker, menurutku dan Christopher Nolan dia sama sekali bukan Joker. Dia hanyalah pengecut yang hanya bisa menodongkan senjata ke orang yang tidak bersenjata. Dia tidak pantas disebut dengan Joker. This makes me very angry. Selain jatuh korban, juga mencoreng nama jelek Joker. Joker like to use a knive better than a gun. Gun is too fast too kill. Dia lebih suka dengan pisau dan bubuk mesiu dari pada senjata murahan. Joker is the master of schemer. Dia tidak peduli dengan uang ataupun popularitas, dia hanya ingin melihat dunia terbakar. Dialah satu-satunya penjahat yang berkualitas (sebelum aku bertemu dengan Bane).


0 Responses to “Pathetic Copycat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Latest Tweets

July 2012
S M T W T F S
« Jun   Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Blog Stats

  • 47,320 hits

%d bloggers like this: